Puasa Menumbuhkan Sikap Ketahanan Yang Positif

Berhubung sekarang ada dibulan Ramadhan, So! tidak ada salahnya jika lukman membicarakan tentang ibadah puasa secara singkat sesingkat singkatnya.. ^_^

Puasa adalah satu ibadat yang senantiasa dilakukan oleh ummat manusia pada umumnya, hanya berlainan cara dan waktunya. Puasa menurut syari'at agama islam, merupakan suatu ibadah, yang dipilih waktu, saat dan caranya. Maka puasa, dalam agama islam adalah satu ibadah merata yang diwajibkan kepada para pemeluknya, baik miskin maupun kaya. Puasa tak mengenal diskriminasi tingkat dan jabatan, kekuasaan dan kekuatan. 

Puasa yang berhasil meningkatkan imannya seseorang, akan menumbuhkan sikap ketahanan yang positif, baik dilihat dari ketahanan ruhaniyah ataupun ketahanan jasmaniyyah. Kehidupan seseorang ataupun kehidupan suatu bangsa sangat ditentukan oleh ketahanan ruhaniyyah. Bilamana kuat ruhaniyyah seseorang atau suatu bangsa, ia kan dapat bertahan menghadapi tantangan demi tantangan, dan akhirnya akan mencapai hasil yang gemilang. Ketahanan nasional suatu bangsa, bersumber kepada ketahanan ruhaniyyah bangsa tersebut. Ibadah puasa melatih ummat manusia supaya mempunyai ketahanan ruhaniyyah yang menjadi sumber segala macam ketahanan.

Berbicara soal ketahanan, maka ibadah puasa juga menjadikan manusia memiliki jasmaniyyah yang sangat penting. Sepintas lalu, mungkin masih ada orang yang beranggapan bahwa melaksanakan ibadah puasa itu akan mengakibatkan kelemahan jasmaniyyah (fisik), sebab harus mengurangi makan dan minum dari hari-hari yang biasa. Padah hakekatnya, justru dengan ibadah puasa itu, akan menguatkan jasmaniyyah, karena ia mengendalikan satu alat yang sangat vital, dalam tubuh manusia, ialah pencernaan, yang memegang peranan yang penting dan menentukan dalam kesehatan jasmaniyyah manusia.

Dalam ibadah puasa, selain adanya latihan ketahanan ruhaniyyah dan jasmaniyyah,juga terdapat latihan moral untuk semakin meningkatkan kesucian. Karena pada dasarnya, ibadah puasa itu bukan saja melatih menahan diri dari makan dan minum dalam jangka waktu tertentu, tetapi juga harus menahan anggota-anggota badan yang lain dari perbuatan-perbuatan yang tidak wajar. Aku jadi ingat dengan Iman Ghozali pernah menyatakan. "Bagi orang yang berpuasa supaya menahan mata jangan melihat sesuatu yang terlarang; Menahan telinga, supaya jangan mendengarkan suara-suara yang merangsang, menahan lidah supaya tidak mengeluarkan kata-kata yang keji dan kotor, menahan hati supaya tidak mendendam, benci dan sebagainya. Latihan yang demikian akan mendidik manusia menjadi orang bermoral, berakhlak dan berbudi luhur.

Demikianlah hikmah ibadah puasa yang kita lakukan pada bulan ramadhan yang telah dipilih Allah oleh karena keistimewaannya untuk menjadi bulan latihan, bulan perjuangan, bulan kesucian dan bulan peningkatan ruhani dan mental manusia muslim. Maka didalam kata-kata Ramadhan inipun terdapat salah satu nama yang namanya dipilih dari asal kata terik panas, atau sama dengan neraka, tetapi puasalah yang akn mengeluarkan dan menyelamatkan manusia dari api neraka itu. Maka pada hakekatnya, bulan puasa merupakan pertarungan antara jiwa yang suci dan hawa nafsu yang keji.
Disinilah letaknya hadits alQudsi : "Ashshiyaamu jannatun wa anaa azjii bihii. "Puasa itu semata-mata untukKu, dan Akulah yang akan memberikan pahalanya."


So, sekarang tidak ada alasan untuk bermalas malasan karena lapar dan haus yah... ^_^
Belajar dengan Ikhlas...
Ayoooo semangaaaaaaat... ^_^




Written by

77 comments:

  1. bulan ramadhan itu bulan untuk mempraktiskan diri jadi lebih disiplin..mudahan saja ia kekal hingga bila2..

    Selamat malam sahabatku yg ganteng..(^_^)

    ReplyDelete
  2. Benar sekali sahabatku yang baik hati.. ^_^

    selamat malam jg.. ^_^

    ReplyDelete
  3. assalammualaikum mas lukman hakim, mampir lagi ni hhhe. iyaa bener,bulan puasa bisa jadi buat latihan mas menahan segala sesuatu yang membawa kepada keburukan, dan mendorong untuk memperbanyak amaal. kalo udah terbiasa puasa, semuanya jadi terasa ringan kok, apalagi menjalaninya dengan senang hati ^^v.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam putri..
      bener sekali, aku setuju.. :)

      terima kasih udah berkunjung kembali.. :)

      Delete
  4. Sangat terasa susana bulan ramadhan... semua orang berlomba2 berbuat kebaikan dan menahan hawa nafsu...
    "Andai sj, tdk bulan ramadhan pun susana tetap seperti ini..., hidup ini pasti lebih indah..."

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas andai setiap bulan seperti ini alangkah indahnya setiap bulannya.. :)

      terima kasih mas.. :)

      Delete
  5. Super sekali postingannya sahabatku....
    merupakan suatu gagasan yang luar biasa, saya sangat tertarik bahkan kagum...
    memang puasa tidak mengenal kaya dan miskin, semua sama dihadapan sang pencipta, karena disanalah kita akan mendapat penilaian siapa sebenanya yg paling taqwa........

    Nambah ya sob..."Coba renungkan dan belajar dari sebuah kepompong Kupu^.. disana dia juga Puasa, setelah Puasa (semedi) maka jadilah Kupu^, dari kepompong laju menjadi kupu^...siapa saja orangnya asal melihat kupu^ ia pasti senang, disanalah sbg contoh/ perbendaharaan...
    saya sangat salaut dg lukisan di atas sobat....
    sungguh super dan luar biasa....
    Sukses untukmu sahabatku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyapa sahabat ku kang PP ,,, sukses buat sobat :)

      Delete
    2. super sekali komentarnya sahabatku..
      I like it..

      sebuah kepompong kupu2 yang benar indah adanya tidak ada yang diadakan. sehingga orang yang melihatnya takjub..
      terima kasih tambahannya. aku suka sekali..

      terima kasih atas kebaikkannya sahabatku..
      salam sukses selalu buat kita semua.. aamiin,,

      Delete
    3. sahabatku kang Budi...
      aku suka dengan sapaannya..
      benar sekali kita harus saling menyapa, bentuk dari rasa syukur kita kepada Allah, telah dianugerahi sahabat-sahabat yang baik.. :)
      terimakasih sapaannya sahabatku...

      Delete
    4. Membalas Sapaan sahabatku

      @Mas Budi, Terima kasih sahabat sudah Menyapa ......Jangan lupa mampir di gubukku...

      @Sahabatku Lukman Hakim, Terima kasih atas suport dan Motivasinya, salam super ....

      Bulan Puasa ini sangat indah, dan tidak ada keindahan yang lebih berkesan di hati, kecuali saling berbagi kebaikan,....

      Terima kasih salam Ramadlon, salam Sukses untukmu sahabatku semua...

      Delete
    5. super sekali sahabatku..
      benar sekali bahwa keindahan terletak dalam kebaikan..

      terima kasih sahabatku.. salam super juga dari saya..

      Delete
  6. Ibadah puasa berbeda dg ibadah2 laen nya ya sob..di karenakan cuma kita yg menjalankan dgn Allah lah yg tahu..
    Kita merasa di awasi olehnya utk tdk minum dan makan sampe waktu magrib.. Di sini kita di uji utk berbuat jujur pada diri sendiri...semoga dg puasa ini para pepimpin negeri ini kejujurannya dapat bertambah..hingga kasus korupsi nya dpt berkurang...wkwk.. Mav sob koment ku OOT ya... Hehe..
    Makasih ya sobatku buat postingan yg sangat bermanfaat ini.. :)
    Sukses slalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. super sekali komentarnya sahabatku..
      I like it..

      benar sekali puasa menumbuhkan rasa kejujuran, sehingga terasa bahwa kita benar2 diawasi oleh-Nya, sedikitpun tidak ada yang terlewat oleh Pengawasan-Nya, shingga untuk melakukan korupsi pun enggan dilakukakan krna merasa diawasi.. hehehhe
      terima kasih tambahannya sahabatku..

      terima kasih atas kebaikkannya..
      salam sukses untuk kita semua.. aamiin.

      Delete
    2. aku juga mau nyapa sama sahabatku, Rasanya memang Rindu sekali ingin menyapa tapi, sahabatku @Mas Budi ini sibuk terus dengan Tim suksesnya, hingga gak sempat lagi buat postingan baru nih...hehe...(Guyon sob)...

      Okey semua 'Selamat Menjalankan Ibadah Puasa, semoga amalan kita diterima Oleh Allah....
      Terima kasih, salam Kompak sahabat..

      Delete
    3. @sobat Lukman: harus nya sy yg bertrima kasih sob.. Coz byk pelajrn yang di dpt dri konten sobat Lukman :)
      Tetep smemangat n trus berkarya ya :)

      @kang PP :memang paling bisa ni sobat ku yg satu ini wkwk..
      Sukses slalu ya kang :)

      Delete
    4. @Sahabatku Penyuluh Perikanan salam kompak dari saya juga, semoga salam kompak ini semakin bertambah kekompakkan didalam kebaikan..^_^

      @Sahabatku Budi ; Insya Allah tetap semangat dan terus berkarya dalam kebaikan..
      iya yah sahabat PP memang paling bisa aja.. hehehe

      salam super dan salam kompak untuk semua sahabatku..

      Delete
    5. Terima kasih saya Ucapkan Kepada sahabatku
      @Budi Os 19, Terima kasih atas suport dan Pujiannya, semoga Allah akan membalas kebaikan anda,..

      Juga untuk sahabatku
      @Lukman Hakim, sy juga mengucapkan Terima kasih atas suport dan morivasinya karena di sini saya juga banyak Belajar....
      semoga kita menjadi Manusia yg selalu Kompak dalam kebaikan
      Terima kasih semua,
      salam super untukmu semua sahabatku....

      Delete
    6. aamiin...
      salam supeer jg dr sya...

      Delete
    7. sangat di sayangkan sekali sahabtku @Mas Budi Os 19, kemarin buka bersama, makan apel gak ngajak^, pas sudah habis apelnya malah baru ngasih laporan...hehee...

      Delete
    8. wah wah... @mas budi tega sama kita.. hehehe..

      Delete
  7. bulan ramadhan ini saya juga bertekad untuk berhenti merokok, kasian warung orang tua, saya ambilin terus rokoknya

    *curhat dikit mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. super sekali sahabatku..
      shingga dengan adanya kita berpuasa, orang tua senang karena rokoknya tidak ada yang terus diambil oleh anaknya.. hehehehe

      terima kasih curhatnya sahabatku.. hehehe
      salam sukses untuk kita semua.. aamiin

      Delete
    2. Numpang Nimrung ya sob.....
      Memang bulan puasa itu bulan yg benar^ membawa berkah,
      Bulan Puasa juga UNIK BANGET, secara langsung atau tidak langsung bulan puasa dapat menghentikan kebiasaan Merokok, Terutama bagi perokok berat, terlebih Perokok adalah Org yg beriman, secara Langsung Allah sudah membantu membimbing kepada Yang bersangutan....
      Sehingga kebiasaan Merokok yg sulit diberhentikan dg adanya Puasa dg sendirinya bisa berhenti ya sob....

      salam Super sahabtku...
      Terima kasih

      Delete
    3. dipersilahkan dengan senang hati untuk bernimrung.. hehe..
      salam super juga sahabatku..

      Delete
  8. Sangat Indah Magna Puasanya Sahabat.
    Ikhlas melakukan Perintah Nya akan berbuahkan sesuatu Yang Sangat Indah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. super sekali komentarnya sahabatku..
      benar sekali dengan keikhlasan, puasa kita terasa ringan dan tidak sesuatupun yang tidak indah dibulan puasa ini, semuanya indah adanya. kerena Allah teleh memberikan keindahan2 bagi orang2 yang berpuasa.. aamiin..

      terima ksih sahabatku atas komentarnya..
      salam super untuk kita smua.. aamiin

      Delete
  9. Sahabatku lukman, aku tersentuh baca postinganmu. Ketahanan ruhaniah banyak implikasinya dalam berkehidupan. Terima kasih, motivasi "Semangatnya".

    Oh ya, tiap postingan selalu ada gambarmu sob. bagus juga tuh,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sahabatku Anton, benar sekali ketahanan ruhaniah membuat kita menyerap kandungan positif dalam kehidupan itu sendiri.. super-super.. i like it..

      hehehe.. itu salah satu ciri khas postinganku.. ^_^
      so agar tidak yg membajak.. hehehe.. ^_^..
      terima kasih komentarnya sahabatku...
      salam sukes untuk kita semua. aamiin..

      Delete
  10. Dan puasa juga menumbuhkan sikap yg sabar

    ReplyDelete
    Replies
    1. super sekali walaupun sedikit komentarnya, tetapi kena akan maknanya puasa..
      benar sekali sahabatku, puasa menumbuhkan sikap kita akan kesabaran, sehingga apapun yang terjadi tetap sabar.. ^_^

      terima kasih komentarnya sahabatku...
      salam super untuk kita semuaa. aamiin..

      Delete
  11. Alhamdulillah....penerangan yang baik dan sempena di bulan yang mulia ini, marilah sama2 kita menambahkan ibadah..InsyaAllah

    ReplyDelete
    Replies
    1. mariii kita kualitaskan puasa kita sahabatku.. ^_^

      terima kasih... :)

      Delete
  12. Dua sisi pertahanan diri tertempa dengan Ramadhan.
    luar biasa bukan, filosofi dan manifestasi bulan suci ini.
    subhanallaah. semoga hakikat itu kita dapat capai seutuhnya. aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali itu mas.. super sekali.. :)
      insya Allah.. aamiin.

      terima kasih yah.. :)

      Delete
  13. salam ukhwah...yeah selamat berpuasa...semoga amalan kita dibulan puasa diterima ALLAH...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam ukhuwwah jg..
      aamiin..

      terima kasih yah.. :)

      Delete
  14. . . setujuh7 kawan. kalo puasa itu dijalankan dengan ikhlas, pasti dech pada saat menjalankannya dengan senang hati. he..86x. jadi masa sich,, Allah menyuruh kita berpuasa, tapi kita nya mengeluh. padahal kita aja minta ini itu sama Allah, malah dikabulkan mulu. ea kan?!? . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti egois dunk kita ya.. kita minta sama Allah dan ingin permintaan kita dikabulkan, tapi Allah minta ke kita untuk menjalankan puasa, kitanya malah mengeluh.. :D

      Delete
    2. benar sekali sahabatku..
      dengan keikhlasan segalanya terasa ringan.. :)

      terima ksih yah..

      Delete
    3. aku setuju sahbatku dengan pendapatmu.. :)

      terima kasih ya..

      Delete
    4. . . tapi hari ini aq gak puasa. nachhh lochhhh,, gimana tuch?!? he..86x . .

      Delete
    5. jika gak puasa karena ada halangan, tetap ikhlaaas karena apapun yang terjadi itu semua Allah yang Mengatur.. hehe 89x

      Delete
    6. . . tapi aq pengen puasa aq full. huhh . .

      Delete
    7. semoga dengan hati kamu seperti itu, Allah menuliskan kebaikan untuk kamu sahabatku yang baik.. :)
      walau hakekatnya tidak berpuasa disebabkan ada halangan yang tidak bisa ditolak lagi karena kodrat kaum hawa.. barang kali itu halangannya.. :)

      Delete
    8. . . sebenernya aq tuch sempet iri aja ma cowok. kok enak ya?!? pasti puasanya full. sedangkan cewek pasti ada aja punya hutang. huhh. menyebalkan . .

      Delete
    9. ^_^.. jangan merasa iri sahabatku..
      setiap insan pasti mempunyai kelebihan kekurangan tersendiri.
      tidak ingatkah bahwa Allah lebih menyayangi wanita sehingga derajatnya tinggi, coba cari apa kelebihan wanita dihadapan Allah.. ^_^
      seharusnya kamu itu bersyukur menjadi kaum hawa, itu pertanda Allah sayang sama kamu, boleh jdi jika Allah menjadikan kaum adam kepadamu niscaya kamu termasuk orang2 yg rugi.. tidak mau kan? ^_^
      so, bersyukurlah apa yang Allah berikan kepada kita, terimalah dengan ikhlas.
      semoga kamu menjadi istri yang sholehah.. aamiin

      Delete
  15. konsekuensi dari jual beli ala Allah kepada umatnya yang beriman, sudah baik kita diberi nikmat gratis tapi enggan kalo disuruh ibadah? seperti puasa hmm sayang. Allah Maha Penyayang lagi pengasih, sudah gratis nikmatnya diberikan eh dibeli pula apa yang diberikan-Nya itu dengan rahmat. Hanya umat yang tidak tahu diuntung jika tidak tahu berterima kasih, nice posting sobat sangat manfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. super sekali komentarnya.. aku setuju sekali dengan pendapatmu sahbatku.. :)

      terima kasih yah..

      Delete
  16. Replies
    1. baik..
      marii kita semangaat sahabatku.. :)

      terima kasih..

      Delete
  17. Setiap perintah Allah SWT adalah demi kebaikan dunia dan akhirat bagi umat-Nya. Dan esensi dari puasa itu sendiri adalah 'mendidik' ruhaniyyah dan jasmaniyyah kita untuk menjadi lebih baik. Semoga kita tidak termasuk orang yang rugi karena lalai akan perintah-Nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. super sekali komentarnya sahabatku.. i like it..

      aamiin...
      terima ksih yahh..:)

      Delete
  18. memang serba menahan dalam puasa tantangan tersendiri. sudah berhasil dalam berhati-hati, tau-tau tanpa sengaja godaan lewat, waduuhh. tantangan memang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali semua ini penuh dengan tantangan yg harus kita perjuangkan.. :)

      Delete
  19. puasa juga untuk ketahanan iman..karena janji "Puasa itu semata-mata untukKu, dan Akulah yang akan memberikan pahalanya...kalau orangnya tidak kuat iman, maka pastilah keyakinannya akan janji ALLAH itu akan pudar dan sangat mempengaruhinya dalam melakukan ibadah puasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. super sekali komentarnya pak Haryanto.. benar sekali itu..
      i like it..

      terima kasih pak.. :)

      Delete
  20. Dengan berpuasa semoga kita semuah menjadi orang2 yg senantiasa bersyukur dan bertambah ketaqwa,anya

    ReplyDelete
  21. super sekali.. aamiin.,,
    terima ksih sahabatku..

    ReplyDelete
  22. Dengan berpuasa semoga kita semua menjadi orang yg sentiasa bersyukur!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah.. aamiin..
      trima kasih yah..

      Delete
  23. kembali berkunjung
    nice posting sob!

    ReplyDelete
  24. Replies
    1. benar sekali sahabatku..
      terima kasih yah

      Delete
  25. Hadir kembali di sini sahabatku
    Untuk memper erat silaturahmi, ...
    Selamat manjalankan Ibadah puasa dan ibadah lainnya
    Semoga Allah senantiasa memberikan Berkah, Maghfiroh, dan Ampunan yg tertinggi dibulan Ramadlon ini...
    selamat malam, selamat beristirahat....

    jika sempat ditunggu kehadirannya
    di wawasan Dunia Bloger

    http://penyuluhp.blogspot.com/

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. baik sahabatku, Insya Allah akan selalu hadir di rumah blog sahabat-sahabatku untuk mempererat silaturrahmi..

      terima kasih yah

      Delete
    2. sama-sama sahabatku, saya juga mengucapkan banyak terima kasih...
      di blog ini saya banyak belajar tentang kebaikan, dan makna kehidupan yang sangat penting...
      terima kasih sahabatku.

      Delete
    3. subhanallah indahnya..
      sama-sama sahabatku.. :)

      Delete
  26. SANGAT MANTAB SEKALI SOB TRIMAKASIH

    ReplyDelete
  27. puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan ya mas...sip lah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali ibu,
      terima kasih yah bu..

      Delete
  28. wah saya dah lama gak blogging jadi ketinggalan ya sob maaf yaa
    begitu datang dah ramai jadi malu i terlambat datang sob hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat datang sahabatku.. ga apa-apa mungkin sob lgi sibuk yah. :)
      dan gak usah malu-malu.. hehehehehe
      terima kasih kunjungannya sob..

      Delete
  29. Numpang buka^ sambil baca ulang sobat,...
    Walaupun artikel ini sudap pernah kubaca, tapi rasanya senang membaca lagi di sini sambil di ulang-ulang, rasanya hati menjadi tentram...
    Terima kasih sahabatku

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan sahabatku.. :)
      subhanallah indahnya aku membaca komentar sahabatku ini.. :)
      terima kasih sahabatku yang baik.. :)

      Delete