Pengertian Ayat Qauliyah dan Ayat Kauniyah

Bismillah....
Aku percaya bahwa Kita telah sama-sama tahu bahwa ayat-ayat Allah terbagi dua :
1. AYAT QAULIYAH
    Ayat-ayat Qauliyah adalah Al-Quran! 30 Juj, 114 Surat, dan 6666 ayat..
2. AYAT KAUNIYAH.
    Ayat-ayat Kauniyah adalah jagat raya ini berikut isi-isinya termasuk manusia beserta isi hatinya

Aku kaitkan dengan Puisi-puisi yang di cintai Rasul. Puisi itu bisa kita ambil dari makna ayat Qauliyah yakni Al-Quran, bisa juga kita dapat dari Alam jagat raya ini yakni Ayat Kauliyah. bahkan hati kita juga sebagai ayat kauliyah, so. tidak salah jika seseorang membuat puisi tentang perasaan hatinya atau lainnya sebagai tafakur binikmah 'ala syukron. kecuali isi puisinya mengandung nafsu 'ala la'natullah yang menimbulkan hasrat birahi seseorang sehingga melupakan segala-galanya..

Para ulama menegaskan bahwa Al-Quran dapat dipahami sebagai nama dari keseluruhan firman Allah, namun juga dapat bermakna "sepenggal dari ayat-ayat-Nya." Maksudnya dari sepenggal itu, Jika ada seseorang yang mengatakan "Aku hafal Al-Quran" padahal yang dia hafal misalnya hanya satu ayat maka perkataan dia itu tidak salah, kecuali jika dia berkata "Aku hafal seluruh Al-Quran" padahal hanya separuhnya, maka perkataan dia salah adanya..

Apa yang dikatakan Al-Quran itu pasti benarnya, sedangkan apa yang dapat digali dari ayat-ayat kauniyah sifatnya relatif dan sementara, mungkin ini salah satu yang membedakan antara ayat-ayat Qauliyah dengan ayat-ayat Kauniyah. Muncul pertanyaan! Kenapa ada paralesasi antara kedua ayat tersebut, seperti yang dilakukan banyak ilmuwan?

aku pernah membaca sekaligus melihat youtubenya, bahwasanya para saintis dunia telah menjumpai sebuah planet sebesar ukuran bulan kurang lebih yang sekarang ini sedang menuju atau mendakati planet bumi dan bertabrakan antara dua planet itu, kemudian menimbulkan Ledakan Dahsyat. Ledakan dahsyat ini telah diperkirakan dalam jangka waktu berlaku pada tahun 2065. Apa yang terjatuh dari angkasa itu lebih sangat menakutkan karena batuan-batuaan panas yang membara menghantam bumi bertalu-talu memusnahkan segalanya. akibat bertabrakan kedua planet ini suhu bumi berubah mendadak dan permukaan bumi terbakar, air laut mendidih panas, tiada nyawa pun yang dapat bertahan dengan suasana itu karena peningkatan suhunya sangat dahsyat panasnya. Kemusnahan ini berkurun lamanya dan bumi menjadi suria kedua dalam cakrawalanya sendiri.


Setelah membicarakan diatas, bahwa teori Ledakan Dahsyat mendapatkan pembenaran dari (atau sejalan dengan) Ayat Qauliyah Allah. Orang suka bertanya  apakah teori itu benar untuk jangka waktu yang telah  ditentukan? Kalau ternyata nanti teori itu ada yang menyanggah, apakah Quran yang kita paparkan untuk membenarkan atau mendukung teori itu salah?

Ada sesuatu yang membuat kita harus rendah hati dan berhati-hati dalam mengartikan paralelisasi antara dua ayat Tuhan itu, Kita yakin bahwa Al-Quran akan selamanya bisa memecahkan semua permasalahan kehidupan. Tetapi, perkembangan manusia  dalam dunia ilmu yang memaknai ayat Tuhan yang kauniyah tidak mendapatkan jaminan bahwa itu adalah pasti kebenarannya. Di situlah suka ada bentrokan antara kebenaran ilmu dan kebenaran yang diterangkan Al-Quran.


contoh teori lainnya, Al-Quran mengatakan bahwa matahari nanti ada disebelah barat, Para sains mengatakan  itu  tidak mungkin. Tetapi ada salah satu ilmuwan yang membenarkan ayat Qauliyah tersebut, dan dia telah membuktikan teorinya tentang bumi berputar mengelilingi matahari. teori ini mengatakan bahwa bumi berputar mengelilingi matahari  begitu cepat tetapi lama kelamaan bumi akan berputar semakin lambat dan kelambatan itu akan berhenti pada satu titik atau bertemu dengan satu titik, titik disitu bumi tidak berputar "Diam" hanya 72 jam bumi tidak berputar mengelilingi matahari, nah titik inilah menandakan matahari ada diposisi barat dari bumi. setelah ilmuwan mengetahui teori itu. ilmuwan langsung masuk islam. subhanallah walhamdulillah..
Mungkin ini semua salah satu tanda-tanda kiamat sudah dekat yah sahabatku..

Kita tahu dari Al-Quran bahwa alam semesta ini sedang sujud kepada-Nya, sedang melakukan sesuatu yang suci. Alam ini suci. Alam bukanlah musuh-musuh manusia yang harus ditaklukan sebagaimana mitos. Alam semesta sejajar dan senasib dengan manusia dalam ketundukannya kepada Allah. Bahkan alam semesta selalu mengagungkan Allah, walaupun manusia tidak dapat memahaminya. "Semua yang ada di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah (QS. Al-Hadid : 1)." Arti yang sama dapat kita cari pada surat Ar-Ra'du ayat 13 dan masih banyak yang lainnya. Alam sedang mengagungkan Tuhan dan Tuhan memerintahkan kita untuk memikirkannya.

Pada kesimpulannya bahwa objek ilmu adalah Ayat Qauliyah dan Kauniyah. Al-Quran sudah jelas suci karena ia firman Allah. Ayat Kauniyah pun sedang Ikhlas bertasbih kepada-Nya. Timbul pertanyaan dalam hati. Apakah sesuatu yang begitu suci dan ikhlas bertasbih kepada-Nya bisa dipelajari dengan menggunakan metode tidak benar atau kotor? Atau Apakah ketika mempelajari ayat-ayat Tuhan yang megah itu bisa dibarengi dengan kemaksiatan yang hina?
Disinilah permasalahan ilmu yang sangat mendasar di mana akal sering dijalankan dengan cara tidak tepat dan benar. Kalau begitu Apakah akal itu? kita pasti tahu bahwa akal bukanlah otak. Sebab kambing, ayam, sapi pun punya otak. Intinya Akal adalah potensi ruhaniah, oleh karena itu akal bersifat abstrak. Akal merupakan potensi kesucian sebagaimana ruh.
Sungguh bahagianya jika akal kita ini dipergunakan untuk mempelajari ayat-ayat Qauliyah dan Ayat-ayat Kauniyah.
Termasuk mempelajari blogger yang sehat yang selalu memberikan manfaat bagi semua orang dan website-website lainnya yang membawa positif. karena itu salah satu ayat Kauniyah..
Salam super sang blogger.. 





















Written by

56 comments:

  1. Terima kasih atas pencerahannya sob, menambah ilmu agama saya yang masih kurang ini,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sob. :)
      aku juga sama ko masih kurang sob.. :)
      aku hanya ingin selalu belajar dan belajar, karena hidup untuk terus belajar. bukan begitu sob? hehe

      Delete
    2. maaf sob baru sempat berkunjung,,, sejak kapan nih blog ganti nama jadi www.ahlisyukur.com,, sampai tidak memperhatikan... :D

      Delete
    3. ^_^.. beberapa hari yang lalu sob..
      aku coba ganti dengan ahlisyukur.com :D

      Delete
  2. Alhamdulillah... setelah membaca artikel sobat bertambahlah ilmu saya.semoga bisa menambah tingkat ke imanan saya. Thanks sobat.

    ReplyDelete
  3. super sob.. artikel nya.. :)
    penjelasn mengenai kedua nya sangat mendetail sekali di tambah dengan ulasan saint nya..
    trima kasih ya sobat..sdh berbagi info nya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sahabatku atas supportnya.. :)
      salam super jg yah.. ^_^

      Delete
  4. ini telaahan lebih lanjut dari postingan sebelumnya kan Mas Lukman?
    jadi ayat itu tak hanya yang normatif saja, tapi ada ayat lain yang sedemikian agung. dan semoga kita termasuk orang yang mengerti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak. aku kaitkan dengan postingan sebelumnya, soalnya aku takut ada yang salah paham mengartikan isi dri postingan itu.. ^_^..
      aamiin..
      terima kasih ya pak..

      Delete
  5. . . emmmmmmmmmmmmmmm,, bingunk mau comment apa. huhh. numpank menyerap ilmunya aja dech. gpp kan?!? he..86x . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. emmmmmmmmmmmmmmmmmmmm...:)
      gak apa-apa.. nyantai saja yah. ^_^.
      yang penting aku sangat terima kasih atas kunjungannya dan supportnya.. ^_^

      Delete
  6. Jadi pertanyaan memang ketika orang menggunakan Ayat Kauniyahnya untuk dipublik pantas tidak untuk diambil jika dikaitkan dengan apakah orang tersebut sudah benar (Ahli Surga)? Beda kalo yang meriwayatkannya adalah memang dari golongan sebelum kita yakni Rasul beserta para Sohabatnya (Ahli Surga). Untuk orang-orang dijaman sekarang ini Allahu 'alam.., tapi tidak salah sih menurut Saya selama niatnya hanya mengharap Ridho Allah, pasti tidak akan ada penyelewengan. Kalo Saya sih publik ayat kuniyah mungkin sekedar hiburan yang penting tidak menimbulkan kontra baik terhadap Tuhan ataupun sesama hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheehe. iya sob..
      terima kasih supportnya sob.. :)

      Delete
  7. mmbuka wawasan sob,
    Al Quran mmliki khazanah ilmu yang bgitu luas, mmbuka rahasia alam, smestiny sllu mnjadi rujukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sob..
      itu memang benar sekali..
      terima kasih yah sob..

      Delete
  8. Sangat bermanfa,at sekali artikelnya sobat sekaligus penambah wawasan bagi kita semuah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasiih supportnya sobat..
      semoga demikian.. insya Allah.. aamiiin..

      Delete
  9. Berti gempe bumi,banjir dan musibah lainnya termasuk kedalam AYAT KAUNIYAH ya Gan,pencerahan yang sangat meresap ke hati.Makasih sudah berbagi.
    Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali itu sahabatku.. coba lihat dibawah dikomentarnya sahabat zevin..

      salam super juga yah..

      Delete
  10. Subhanalloh... artikelnya nambah ilmu Ane... syukron Sob... :)
    Hadir selalu di mari, Salam bLogger, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama sob atas kehadirannya.. :)
      salam blogger juga.. hehe

      Delete
  11. ikut menyimak Kang, banyak hal yg saya belum tahu, bisa didapat dari artikel sobat ini.
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kang pepep..
      salam juga yah kang..

      Delete
  12. harus banyak belajar agama dari sahabtQ yang stu ini...

    salam dahsyat driQ sobs.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jg sama harus belajar di sahabatku chumhienk.. :)
      soalnya manusia tu ada kelebihannya berikut kekurangannya..
      salam dahsyat juga sob.. ^_^

      Delete
  13. semoga kita termasuk orang-orang yang diberi ilmu ,,,
    sungguh sangat menarik untuk ditelaah lebih lanjut ,,, dan terimakasih atas pencerahannya

    wilujeng ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiiin ya Rabb..
      terima kasih sahabatku.. :)
      wilujeng juga ..

      Delete
  14. Kok manusia n sluruh isi bumi bsa disebut ayat ya sob?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan yang menarik tapi sulit sob.. hehe
      begini sob..
      sebenarnya Ayat kauniah itu pada hakekatnya ayat qauliyah. nah ayat kauniyah itu ialah ayat atau tanda wujud penciptaan Allah. jadi Ayat-ayat kauniyah adalah dalam bentuk benda, kejadian, peristiwa dan lain-lain yang ada di jagad raya ini. Oleh karena jagad raya hanya mampu dilaksanakan dan hanya Allah yang Menguasainya dengan segala sistem dan peraturan-Nya yang serba Maha, maka ia menjadi tanda kehebatan dan keagungan Penciptaan-Nya,
      aku kaitkan dalam hadist Ibnu Qayyim Al-Jauziyah berkata: “Apabila Anda memperhatikan apa yang diserukan Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk direnungkan, hal itu akan mengantarkan kamu pada ilmu tentang Rabb, tentang keesaan-Nya, sifat-sifat keagungan-Nya dan kesempurnaan-Nya, seperti qudrat, ilmu, hikmah, rahmat, ihsan, keadilan, ridha, murka, pahala dan siksa-Nya. Begitulah cara Dia memperkenalkan diri kepada hamba-hamba-Nya dan mengajak mereka untuk merenungi ayat-ayat-Nya.”
      begitu kurang lebihnya. sob..
      kalau salah, maafin ane yah sob.. ^_^.
      maklum Ane masih belajar.. :)

      Delete
  15. mas mas ilmuwan yang masuk islam itu namanya siapa ya? Yang membenarkan mengenai bumi yang berhenti berputar itu lho dan matahari seakan akan terbit dari arah sebaliknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu aku lihat di youtube kang.
      kalau mau tau jawaban dri pertanyaan itu coba lihat the day of judgement..
      soalnya aku lupa lagi kang.. ^_^
      maaf kang..

      Delete
  16. Ayat Qauliyah secara bahasa artinya tanda/bukti berupa perkataan ( wahyu Allah ), sedangkan Ayat Kauniyah artinya tanda/bukti berupa sesuatu yang dapat diindera ( alam semesta beserta isinya serta fenomenanya ).
    Kedua ayat ini digunakan untuk membantu akal dan hati dalam memahami akan adanya Sang Pencipta yaitu Allah dengan cara mentadabburi Al-Qur'an (ayat qauliyah) atau mentadabburi alam semesta (ayat kauniyah). Sehingga dapat mewujudkan pengakuan dan keyakinan pada Allah ( iman )serta menimbulkan ketundukkan dan ketaatan pada Sang Penciptanya( Islam ).
    Sedangkan puisi atau syair menurut ana, merupakan suatu kreasi manusia yang berbentuk untaian kata yg digunakan utk mengambarkan curahan hati.
    Puisi atau syair bisa benar namun bisa juga salah. Bisa bernuansa Islami tapi tak sedikit yang berbau jahili.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ^_^.. terima kasih masukkannya mas nedi.. I like it..
      aku setuju sekali dengan cara pemikirannya... :)

      Delete
  17. ilmu yg manfaat sekali mas Lukman, tq 4 share :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas waroeng.. :)
      met berbuka yah..

      Delete
  18. Terimakasih ilmu nya gan,..
    Sangat bermanfaat,..
    :)

    ReplyDelete
  19. postingan yang sangat super sahabatku..
    kemudian dari kesimpulan yg saya baca pada dasarnya teori ilmiah / sains maupun isi alqur'an sepertinya benar,...kehancuran bertubrukannya bulan dan antar planet bisa terjadi karena antara planet tsb sudah kurang seimbang , terjadi karena kemajuan teknologie yg tdk memperhitungkan manfaatnya keseimbangan alam, itu terjadi juga akibat ulah manusia.

    untuk menghindari suatu kehancuran alam ini tergantung Manusia itu sendiri..

    Karena sebelum manusia dijadikan Kahalifah juga Malaikat sudah protes, "kenapa Manusia dijadikan khalifah padahal manusia hanya bisa merusak diatas permukaan Bumi,.walaupun Allah yg tahu.....maka untuk menghindari itu Kuncinya adalah 3, tergantung manusia itu sendiri...yg harus disikapi adalah
    1. Hubungan yg baik antara sesama manusia (Tidak saling dengki dan menghancurkan).
    2.Hubungan yang baik antara manusia dengan alam dan dan sekitarnya..(utk tdk membuat kerusakan/ dan perlu dipelihara).
    3.Hubungan yg baik antara manusia dengan Tuhannya,(kerjakan perintah hentikan larangan),
    jika itu dipahami Insya Allah aman, dan selamat...
    Wallahu a'lam....

    ReplyDelete
    Replies
    1. super sekali komentarnya sahabaatku..
      I like it..
      aku sependapat dengan pemikiranmu sobat..
      terima kasih masukan dan tambahannya dipostingan ini yah sob..
      aku tulis lgi disini balasan komentarnya, krn tadi salah simpan.. hehee..

      Delete
  20. assalamualaikum, salam perkenalan jugak dari wany . .
    terima kasih untuk perkongsian ilmu ini ^^ .
    bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam sahabatku..
      alhamdulillah mau menjalin ukhuwwah dgn saya sahabatku wany.. :)
      terima kasih atas kunjungannya.. :)

      Delete
  21. super sekali komentarnya sahabaatku..
    I like it..
    aku sependapat dengan pemikiranmu sobat..
    terima kasih masukan dan tambahannya dipostingan ini yah sob..

    ReplyDelete
  22. Bukan cuma buku atau Kitab yang harus di baca. Tetapi alam semesta juga harus dibaca. karena disitulah tertulis kebesaran Allah yang Maha Besar dan Maha Benar

    ReplyDelete
  23. benar sekali sobat..
    saya setuju dngan pendapatmu..

    terima kasih telah berbagi..

    ReplyDelete
  24. ijin copas ya kak, buat tugas makalah....

    ReplyDelete
  25. terima kasih atas penjelasan nie..masa sekolah dulu ada belajar dalam pendidikan islam..:-)

    ReplyDelete
  26. terimakasih artikelnya menambah wawasan bahwa semua yang ada di langit dan di bumi serta di antara keduanya adalah ayat Allah, dan tiadalah percuma Allah didalam menjadikannya. Dan Rahasia Illahi itu tidak akan terjangkau hanya dengan akal pikiran atau Rasio saja. Karena seseorang yang memahami ayatullah hanya mengandalkan rasio tiada mungkin sunah didapatkan kecuali bid'ah semata, eh kok bit'ah di bawa bawa agak nyimpang dari bahasan ya?..

    ReplyDelete
  27. Makasih gan,, Ini sangat super dari tersuper
    salam kenal yaa..

    ReplyDelete
  28. oh yaa gan..
    jadi, kiamat itu sbenarnya di sebabkan oleh ulah manusia yaa..

    ReplyDelete