Cara Mengelola Kecemasan Menjadi Sumber Ketenangan

Setiap manusia pasti akan menemukan rasa cemas dalam kehidupannya, baik dalam menyikapi sesuatu yang belum terjadi ataupun yang telah terjadi. Orang yang sering merasakan cemas harus mempunyai ketenangan  dalam menjalani kehidupan ini. jangan sampai rasa cemas membuat hidup kita berantakan. Memang setiap manusia pasti pernah mengalami kecemasan, oleh karena itu kita harus bisa mengelola rasa camas itu.

Bagaimana kita mengelola rasa cemas?
Mengapa kecemasan perlu dikelola?
Apakah kecemasan dibutuhkan dalam kehidupan ini?

Menurut Dr. Djamaludin Ancok "menegaskan bahwa kecemasan itu diperlukan dalam kehidupan ini. Tingkat kecemasan yang telalu rendah akan membuat orang tidak termotivasi untuk belajar lebih keras, sedangkan tingkat kecemasan yang terlalu tinggi akan membuat orang mengalami hambatan mental yang mempersulit masuknya pelajaran ke dalam ingatan."

Orang yang hidupnya tenang bukan berarti orang yang tidak mempunyai problem. Jangan samakan antara orang yang mampu merasakan ketenangan setelah mempu mengelola kecemasan, menyelesaikan masalah, dan menggapai kesuksesan dengan orang yang meraa tidak memiliki problem. Orang yang tidak memilik problem bukan berarti tidak memiliki problem, tetapi tidak mempunyai kesadaran bahwa dirinya mempunyai problem. Sangat mungkin orang yang sudah kenal tergolong "Keras Kepala", artinya orang yang sudah tidak peduli pada dirinya sendiri dan lingkungannya. Barangkali ia salah satu orang yang sudah putus asa, depresi. Mungkin orang seperti hidupnya bahagia, tetapi pasti akan menjadi sumber masalah bagi orang lain dan membebani orang dilingkungannya.

Bagaimana cara mengelola kecemasan hingga menghasilkan Sumber-sumber ketenangan?

  1. Yakinkanlah dalam diri, bahwa tidak ada masalah yang tidak ada solusinya. Meskin pun jalan penyelesaian tidak selalu memuaskan, tetapi itulah hasil yang maksimal yang dapat dicapai. Terimalah dengan legowa/lapang dada dan jadikanlah sebagai bahas evaluasi diri, sehingga kemudian hari dapat ditingkatkan kualitasnya.
  2. Yakinlah dalam diri, bahwa menang dan kalah dalam kehidupan ini suatu hal yang biasa. Ibarat roda berputar, kadang kita berada di atas, tak jarang berada di bawah. Rasa kecewa itu wajar dan manusia. Biarkan rasa kecewa itu meletup, tetapi jangan dibiarkan berlama-lama. Segeralah bangkit jangan sia-siakan energi dan waktu untuk menyesali ketidak berhasilan/kegagalan. Gunakan untuk kegiatan yang produkti.
  3. Pergunakanlah rasa cemas itu untuk membuat diri kita tetap hati-hati, waspada, teliti dan disiplin pada rencana yang telah dibuat atau disusun
  4. Jika rasa cemas sudah mulai mengganggu hati atau pikiran, sehingga konsentrasi tidak fokus lagi, cepatlah mencari aktivitas lain untuk membalik keadaan, kondisi dan situasi. aktivitas lain itu harus memilik fungsi refreshing. Orang super sibuk saja masih menyempatkan diri bermain dan menatap laut dipesisir pantai. Mengapa tidak kita sempatkan makan bersama keluarga di rumah makan, jalan-jalan ke puncak gunung untuk menghirup udara yang berembun nan segar, mendatangi rumah yatim piatu atau cukup jalan-jalan ke super market.
  5. Yakinkanlah dalam diri bahwa kita tak akan lepas dari Tuhan, Tuhan membimbing niat baik seseorang dalam kehidupannya baik dalam pekerjaan sehari-hari ataupun lainnya, karena itu jangan lupa niatkan bahwa pekerjaan adalah ibadah atau mengharapkan pahala dari Tuhan. Mengingat Tuhan adalah cara yang paling efektif untuk menghilangkan kecemasan dan menggapai sumber ketenangan.


5 faktor ini Alhamdulillah sudah dipraktekan oleh temanku, oleh karena tidak salahnya jika aku mempraktekan dan membagikan pengalaman tentang ilmu ini ..




Written by

27 comments:

  1. met mlm genk.. kta2 nya sangat berarti genk. aq suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam juga genk...
      terima kasih genk.. ^)^

      Delete
  2. met pagi genk..
    terima kasih banyak..

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah...dapat pencerahan kalbu di poating sobat... :)
    Benar sekalj sob...hanya dengan banyak mengingat Allah...hati menjadi tenang... :)

    Sukses slalu buat sobat lukman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sobat.. :)

      salam sukses juga untuk sobat mas budi.. :)

      Delete
  4. Konon juga kata banyak orang dengan sering cemas akan menghabiskan banyak kandungan vitamin C dalam wajah kita, sehingga semakin sering cemas, wajah kita akan tampak tua lebih cepat. Saya sering merasa cemas jika terlambat datang ke sekolah antar anak, antau ke kantor. Cemas kadang menjengkelkan. Apakah cemas sama dengan rasa kuatir mas Lukman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh ternyata rasa cemas itu bisa menghabiskan banyak kandungan vitamin c dalam wajah yah, baru tahu mas.. :)

      terima kassih telah berbagi..

      menurut lukman kecemasan dan kekhawatiran itu sama mas..

      menurut ahli psikologis, kecemasan adalah suatu perasaan takut, kekhawaatiran atau kecemasan yang seringkali terjadi tanpa ada penyebab yang jelas.

      Delete
    2. Dapet wawasan lagi nih dari bang asep ya sob... :)
      Berarti selain hati....raut wajah pun bisa jd kelihatan lbh tua ya sob...wah rugi nya doble dong... Hehe :)

      Klw kecemasan itu berlebihan ada pada diri kita ya sob... :)

      Delete
    3. iya sob. benar sekali.. hehehe..

      terima kasih sob.. :)

      Delete
  5. Super sekali postingannya sobat.. Ternyata ada rasa cemas itu memang perlu juga ya? bagus postingannya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali sobat..

      terima kasih sobat.. :)

      Delete
  6. terimakasih bang untuk postingan penyejuk Qalbu ini.. bermanfaat banget untuk saya pribadi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama sobat telah berkunjung ke sini... :D

      Delete
  7. .. setujuh7 aq kawan. namun aq kayaknya pernah dech punya buku ttg kecemasan kayak gini. namun disitu panjanggggg kale lebar. he..86x. namun lumayan bagus, karena disitu dikasih pencerahan juga pluz hadist^ nya. he..86x. tenkz ya kawan?!? ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini juga ringkasan dari buku motivasi,,,
      saya edit bahasanya sedikit demi sedikit...
      namun lukman tidak pakai hadist.. ^_^

      sama sama kawan..

      Delete
    2. .. he..86x. hu um kawan. kayaknya lebih mudah dipahamin dari pada buku yang aq beli itu. he..86x ..

      Delete
  8. kalo saya cemas biasanya dibawa zikir..supaya tenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku setuju sekali sahabatku..

      terima kasih telah berkunjung...

      Delete
  9. kecemasan membuat hati tak tentram
    gelisah, gundah, kening mengkerut terus kalau lagi cemas
    tapi dengan kita lebih sering mengingat Allah, sering istiqfar
    insyaallah kita dapat menhendel rasa kecemasan kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. super sekali sahabatk..
      saya setuju sekali dengan komentarnya..

      terima kasih banyak telah berbagi sahabatku..

      Delete
  10. Replies
    1. terima kasih telah berkunjun sobat, walau sudah lama gak main kesini.. :)

      Delete
  11. terima kasih...
    semoga ampuh :) akan kucoba insya allah

    ReplyDelete
  12. tidak dipungkiri kalau cemas itu akan selalu, tapi setelah itu ingat sama Allah, dan hati berangsur2 tenang, makasih

    ReplyDelete