Cara Tuhan Mengasah Potensi Diri

Hidup bukan untuk disesali, bukan untuk ditangisi.
bukan untuk disedihkan. Hidup adalah perjuangan
untuk terus bangkit dari kegagalan dan kejatuhan.
Dan orang yang berada di puncak tinggi, adalah
mereka yang sanggup mengelola jiwanya hingga
kesedihan, ketakutan, kekhawatiran, kecemasan,
kegalauan, berlutut menyerah tak berdaya.

Sulitnya hidup terkadang merupakan jalan dari
Tuhan untuk mengasah potensi yang ada dalam
diri manusia.

Bukankah untuk menjadi samurai
yang tajam sepotong besi harus rela dibakar dan
dipukul berkali-kali?

Bukankah untuk menghasilkan mutiara seekor kerang
harus rela menahan sakit yang berkepanjangan
karena pasir yang mengendap di dalam tubuhnya

Bukankah untuk menjadi rajawali seekor elang
harus rela menjalani proses transformasi yang
sangat menyakitkan selama berbulan-bulan?

Bukankah untuk menjadi kupu-kupu yang indah
seekor ulat harus rela menjalani proses menjadi
kepompong yang menyiksa.

Dan satu yang harus kita ingat, bahwa kesulitan
yang membuatmu dekat dengan Tuhan,
Hakikatnya adalah anugerah.
Dan kemudahan yang malah membuatmu jauh dari Tuhan,
Hakikatnya adalah petaka.




Written by

19 comments:

  1. Belajar banyak dari kehidupan ini mas mulai dari menderita hingga mencapai kebahagiaan.

    ReplyDelete
  2. betul Mas.
    kupu-kupu itu hasil dari ngepompongin diri ya

    ReplyDelete
  3. Absen dulu disini sob,, lama gag nongol nih... :D

    ReplyDelete
  4. aku jadi teringat kisah sebuah bambu yang harus mengalami ujian dipangkas dan ditebang untuk kemudian dijadikan saluran air yang bisa digunakan oleh semua orang dan juga bisa menyuburkan tanaman lainnya.....yang pasti langkah kaki tak seharusnya berhenti untuk mencapai diri sebagai manusia yang memiliki manfaat bagi orang lain...hingga ajal datang menjemput...salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. inspirasi banget kisahnya mas..
      terima kasih telah berbagi..
      salam :)

      Delete
  5. Makin keren aja nih blognya sama pencerahan soal kehidupannya...mas :)

    ReplyDelete
  6. silaturahmi rutin sob...semoga selalu dalam lindungan ALLAH.

    ReplyDelete
  7. sekedar mampir boss , , , ,
    http://nawayhac.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. bener banget mas, kalo manusia udah di kasi cobaan baru bisa deket sama yang maha penciptanya

    ReplyDelete
  9. Trimakasih untuk pencerahannya pak Usatad Lukman....numpang copy paste ya buat tambahan artikel saya?

    ReplyDelete